Perubahan Pradigma

Thought
Old lady or young ladiy?

Kalo pernah baca bukunya stephen covey tau dong yang namanya perubahan pradigma.

Dulu tahun 40-an mana ada orang yang percaya kalo manusia bisa pergi ke bulan, trus tahun 1800-an mana ada yang percaya kalo orang indonesia bisa ngomong langsung sama orang NY, dst.

Tapi sekarang?

Semuanya seakan meng ‘iya’ kan kenyataan tersebut tanpa bertanya kenapa? atau mengapa?

Yah itulah arti dari perubahan pradigma. Dimana kacamata antara orang dulu dan sekarang itu berbeda. Tapi mereka tetep mandang hal yang sama.

Sekarangpun hal seperti ini masih ada, sayangnya beberapa orang ada yang sulit untuk menerima perubahan pradigma tersebut. Pemikiran mereka masih sulit untuk menerima kenyataan tersebut atau pikiran mereka masih tertutup.

Jangankan orang yang “gak sekolah” sekalipun, orang yang sudah ounya “gelar” pun seakan masih “sulit” muntuk melakukan perubahan pradigma.

Oke saya ambil contooh kejadian tahun 98-99 dulu.

Maish inget kan lepasnya timor timur dari NKRI? yah saat itu yang jadi presiden adalah BJ Habiebie. Bpk. Habiebie sebenarnya sudah melakukan langkah yang tepat, dimana beliau melakukan voting terlebih dahulu.

Meskipun kalah voting, sebenarnya kacamata ekonomi Indonesia masih diuntungkan. Indonesia tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran untuk daerah yang malah “merugikan”. Dan karena itu pula Indonesia jadi terlepas dari isu HAM.

Tapi kenapa beliu dilengserkan?

Nah, kacamata orang militer ngelihatnya dengan hal yang lain. Mereka melihat, dengan lepasnya Timor Timur kita seakan negera yang terlalu lemah melepaskan suatu daerah tertentu. Hal ini tentu mengakibatkan pandangan bahwa “militer” kita terlalu lemah.

Beberapa spekulasi mulai muncul, dan akhirnya Habiebie dilengserkan.

Gak setiap orang bisa mandang dunia ini dengan kacamata yang beda. Perlu waktu dan ilmu yang cukup. Biasanya di Indonesia, orang ekonomi mandang hal hanya dengan kacamata ekonominya. Orang militer dengan kacamata militer, dll.

Kenapa bisa gitu?

Karena dari kecil kita banyak diajarkan untuk melihat hanya dengan satu kaca mata.

Orang tua mengajarkan mana yang baik dan mana yang jelak. Tanpa si anak tahu alasannya, dan orang tua juga tidak salah, karena mereka juga diajarkan seperti itu dari dulu.

Untuk bisa melihat dengan kacamata yang beda, seseorang harus punya wawasan yg luas dan pikiran yang terbuka. Lihat dengan gambar di bwah, tapi lihat dengan dua kacamata. Akan tampak bahwa gambar dibawah adalah wanita muda atau wanita muda.

Orang yang melihat gambar dengan satu kacamata, biasanya 98% melihatnya wanita muda saja.

Old lady or young ladiy?

Old lady or young ladiy?

Leave a Comment