Remember When… Selembar Catatan SMA

Hari ini dengan segudang keisengan yang ada, gw rollback akun facebook.

Di sana ditulis bahwa gw aktif sebagai pengguna facebook sejak 2009. Jika tidak salah, saat itu kelas 2 SMA. Gw lupa tepatnya tanggal berapa, tapi yang pasti, gw inget kalo dulu gw ngerasa keren punya akun facebook. Meh.

Dimulai dari sana, akhirnya 3 jam waktu gw terbuang sia2 ngebaca status-status konyol yang gw buat. Oh man, gw ngerasa saat itu juga berubah jadi simpanse. Bisa dibilang gw masih bocah banget, dan parahnya sekarang (2014) semester 7, fakultas teknik dan ilmu komputer, gw selalu nge-unfollow orang2 tingkahnya sama kayak gw dulu di facebook. Gw ngerasa tolol aja ngebaca hal yang gak penting yang gw yakin orang lain gak peduli.

Oke, dari sana juga terselip beberapa tautan ke blog lama gw, blog masa2 SMA. Semua hal gw tulis di sana, kecengan pertama di SMA dll. Dan gw ngerasa, kenapa gw sulit move on ya pas dulu.

Guru SMA

Gw gak begitu inget pas kelas X, yang paling gw inget waktu itu adalah angkatan gw yang pertama kali ngerasain moving class dan perubahan nama dari SMA 1 Malangbong ke SMA 9 Garut. Oh ya, gw juga inget banget kalo pas kelas X ada cw yang terang2an ngomong suka ke gw.

Ada beberapa orang yang paling ngaruh di SMA pas waktu itu, gw sebut ya. Mulai dari guru yang paling memoriable. Gw ngerasa perlu untuk nulis ini, gw takut, semakin lama, memori yang keren ini ilang.

Pa Deon

Kalo gak salah ini pas sosialiasasi cerdas cermat antar kelas

Kalo gak salah ini pas sosialiasasi cerdas cermat antar kelas

Beliau adalah guru matematika, bisa dibilang beliau itu guru paling deket sama murid2nya. Gw lupa nama aslinya siapa, yang pasti dia emang suka dipanggil Pa Deon. Hal yang paling gw inget dari beliau adalah pas dia murka ke salah satu temen gw yang mirip orang korea, Asep Sunjaya (dibaca Asun). Saking marahnya beliau ngajak berkelahi (as a man) di luar kelas.

Oh ya, tahun ini juga (2014) kebetulan, gw ketemu sama beliau di McD Dago. Dan gak kerasa, gw lebih tinggi dari beliau sekarang.

Selain itu ingetan gw gak begitu bagus.

Bu Didah

Beliau adalah guru Fisika, bisa dibilang beliau adalah guru paling konsisten dengan ucapannya di SMA. Apa yang beliau ajarkan/suruh, beliau tidak pernah mengingkari itu. Gw inget waktu itu, pas semester satu, beliau pernah ngebandingin gw sama murid paling canggih di IPA-4 (dibaca Elis Lisnawati). Katanya, di IPA-4 cuman gw yang bisa ngalahin kecanggihan anak itu. Nah dari sana juga gw mulai semangat belajar Fisika.

Hal yang paling gw inget dari beliau adalah, beliau suka mengomentari hal-hal yang gak penting. Seperti gw yang digosipin suka dengan dua orang cw (dibaca Mery dan Jube), terus mengomentari rambut panjang (paling sering dikomentari: Bayu Septiadi), dan genk raja Minyak (di Baca: Geng Ato). Oh iya, beliau juga paling suka mengomentari dua murid ini, Asun dan Ojan.

Terlepas dari itu semua, beliaulah guru yang paling gw inget. Karena guru yang agak galak itu asik, asik pas diinget-inget.

Pa Apar

Beliau adalah guru Kimia, bisa dibilang gw inget beliau karena beliu guru kimia paling berkompeten. Jika ada alumni yang seangkatan sama gw, pasti mereka tahu alasannya. Nothing special about him, though. Beliau orangnya lempeng-lempeng aja.

Gw inget beliau, karena beliau sudah ngajarin gw apa itu jujur. Jujur dalam arti percaya sama skill sendiri. Gw inget banget beliau pernah bilang, kalo nilai akhir itu bukan segalanya dari penilaian raport beliau.

Bu E’en

Beliau adalah guru Biologi, gw inget banget kalo dulu pelajaran beliau adalah pelajaran yang paling banyak ngegambar di papan tulis. Beliau ngejelasin biologi sedetail-detailnya.

Seperti anak SMA pada umumnya, pelajaran dimana murid ngedengerin dan guru ceramah, pelajaran ini adalah pelajarin paling ngebosenin, ngebuat ngantuk. Tapi ada hal yang tidak bisa dibohongi semua anak SMA saat itu, dimana fisik dan pisikologi remaja sedang mateng-matengnya, yaitu ketika bab2 reproduksi dan Sex manusia. Bab ini adalah bab favorit gw, paling rame, dan paling asik.

Bu Susi

Di kelas 12, guru yang paling nempel bagi gw adalah bu Susi, guru bahasa inggris. Beliau ngajarnya enak, dan beneran ngebikin tercerahkan saat itu. Gw belajar tensis, pasive voice udah dari SMP, tapi beneran ngehnya pas pelajaran beliau.

Di atas adalah guru-guru yang paling gw inget pas SMA, sebenernya masih banyak guru yang gw inget, tetapi ingetan gw gak cukup kuat buat ngerubahnya jadi tulisan.

Genk-Genkan

Sekarang giliran temen sekelas yang paling gw inget. Ceritanya gw kelas X-2. Pas penjurusan kelas, gw kebagian kelas IPA-4, sampai kelas 12 pun orangnya tetep itu-itu juga. Tapi gw ngerasa bangga sama IPA-4, bisa dibilang IPA-4 itu kelas paling banyak bentuk mahluknya dibanding kelas-kelas lain.

Oke, seperti halnya anak seumuran SMA, lumrah banget kalo anak SMA itu bikin kelompok2 sendiri. Tidak kalah dengan perang dunia-2 (Blok barat/USA, Blok Timur/UniSoviet), di kelas IPA-4 juga ada dua blok yang paling berkuasa (mirip perang dunia 2). Pertama adalah adalah genk Minyak (dibaca Ria CS) yang kedua adalah genk IIB. Selain itu, ada juga beberapa blok yang muncul seperti IIN dan Genk Gapleh.

Yang cw2 itu genk Minyak

Yang cw2 itu genk Minyak

Jika danalogikan, Genk Minyak itu mirip dengan USA, meskipun USA wilayahnya gak besar tapi mereka bisa mengendalikan separuh dunia. Genk minyak, anggotanya kurang lebih ada 6 orang, tetapi mereka bisa ngembil kendali kelas IPA-4. Gw inget banget siapa-siapa aja di sini anggotanya, Ria, Fitria, Memet, Uoil, Kania Intan, Milati.

Gak semua, tapi mostly anak IIB

Gak semua, tapi mostly anak IIB

Lawan nya USA adalah UniSoviet yang juga powerfull tetapi memiliki daratan yang lebih besar dari USA. Nah, UniSoviet ini, ternyata mirip dengan genk IIB, genk ini anggotanya paling banyak. Hampir setengah cw di kelas adalah genk IIB.

Ibu2 Non Blok

Ibu2 Non Blok

Antara USA dan UniSoviet ada Gerakan Non Blok. Negara-negara ini adalah negara yang tidak memihak ke keduanya. Nah, gerakan non blok ini ternyata ada kemiripan dengan genk lainnya di kelas IPA-4. Yaitu genk IIN, gw gak tahu pecis siapa2 aja anggotanya.

Selain itu, ada juga Gapleh. Berbeda dengan 3 genk sebelumnya yang gw sebut, genk ini merdeka satu tahun kemudian, yaitu pas kelas 3. Genk ini isinya pelawak semua. Kalo gak salah, genk ini isinya ada
atlit, ustad, sampai orang2 muka mesum.

Kiri: KM, Azki Kanan: Dede Triadi (dibaca Cacink)

Kiri: KM, Azki
Kanan: Dede Triadi (dibaca Cacink)

Oh iya, KM di kelas IPA-4 saat itu adalah Azki, dia sukses menjabat dua periode. KM ini sering berafiliasi dengan genk minyak. KM IPA-4 bisa dianalogikan sebagai sekjen PBB.

Siapa Gw?

Cowo-cowo IPA-4

Cowo-cowo IPA-4

Di IPA-4, gw adalah satu-satunya orang yang paling gak asik. Yup, jujur aja, saat itu gw terlalu kaku. Gw terlalu menuruti aturan-aturan dan norma yang berlaku saat itu. Gw sadar sekarang, being a bad boy ternyata perlu juga.

Cerita asmara sma gw juga gak begitu asik, gw terlalu kaku juga ke cw. Padahal, dari sumber intelejen yang gw dapet, ada tiga cw yang ngarep ke gw saat itu. Huhh, namun saat itu, gw terlalu polos.

Oh ya, gw juga mau klarifikasi di sini. Dari kelas dua sampai kelas tiga. Gw digosipin Jadian sama Jube, padahal nyatanya nggak sama sekali, nothing special. Iya sih, di kelas dua gue sempet suka dan pernah ngomong gw suka, tapi dia gak pernah jawab. Gw anggap aja dia gak mau. Nah, mungkin dari sana orang2 ngeliat gw deket.

Apa gw selempeng itu?

Nggak! Gw itu termasuk kriminal kakap. Gw berhasil menutupi kejahatan gw di SMA sampai saat ini. Padahal, kalo waktu itu ada guru yang tau, hukumannya bakalan berat banget, hukuam mati mah gak ada apa2nya.

Temen kriminal gw adalah Tedi (Tod) dan Fauzan (anak IPS). Gw pernah ngecopy dokumen terlarang secara diam-diam waktu itu. Dokumen itu sangat terlarang. Terhitung 4 kali gw ngelakuin tindakan yang ngelanggar aturan ini.

Oh ya, selama SMA gw baru satu kali pulang di luar jam sekolah (dibaca kabur/bolos). Kalo tidak salah kelas 12. Ya, saat itu gw kabur lewat benteng belakang.

Selama SMA, gw juga terlambat terhitung hanya empat kali.

Special Mention

IPA-4

IPA-4

Gw sangat ingin menulis setiap nama-nama temen di sini. Tetapi keterbatasan waktu, ingatan, dan tulisan menjadi kendala. Akhirnya gw tulis hanya beberapa saja.

Panji Anwari, teman sebangku dari kelas 10 sampai 12. Dia orangnya asik, berkacamata, dan lumayan banyak pengagumnya. Dia punya band, posisi dia di bandnya adalah sebagai tukang gebuk. Tidak terlalu banyak bicara, tapi banyak penggemarnya.

Miftahudin, Irsyad. Kedua anak manusia ini selalu nemenin gw selama tiga tahun di SMA, hampir setiap kali berangkat sekolah gw bareng mereka. Gw adalah orang yang paling banyak nyusahin mereka, mulai dai minjem duit sama curhatan gak jelas. Miftahudin, anak IPA-1, kelas di mana ada kecengan gw saat itu. Dia bisa dibilag yang paling banyak gw susahin dari temen2 yang lain. Irsyad, juga disebut ustad cabul, dia anggota Genk Gapleh. Disebut ustad karena dia paling ngerti bahasa arab, disebut cabul gw gagal paham.

Bayu Septiadi (Ubay). Dia adalah anaknya Bapaknya (Bp Engkus). Bapaknya kebetulan pengajar juga, kata orang cara ngajarnya asik. Bayu ini biasa dipanggil Ubay, di IPA-4 belum pernah sekalipun rambutnya pendek. Gw sering nanya PR ke dia, nyonyek ke dia, sekelompk sama dia, nanya soal cw juga ke dia. Di IF-4 orang yang paling gw susahin adalah dia.

DIbaca dari Kiri: Aris, Ncin, Panji, Gilar, Bayu, Gw, Ojan,  Yanwar, Ria, UC, Fajar, Resvik, Asukn, Cacking

DIbaca dari Kiri:
Aris, Ncin, Panji, Gilar, Bayu, Gw, Ojan, Yanwar, Ria, UC, Fajar, Resvik, Asukn, Cacking

Fauzan Khaerul M (Ojan). Dia orangnya asik, gaul, dan mudah diajak ngomong apa aja. Gw inget banget sama dia karena dia adalah temen seperjuangan gw pas kelas 3, dari mulai UN sampai SMPTN. Waktu itu gw belajar sama dia buat masuk ITB. Gak tanggung2, dia saat itu pilih FTTM ITB, gw STEI ITB, meski akhirnya gagal, gw bakalan inget terus perjuangan gw bareng dia.

Ria (Ato). Dia adalah ketua genk minyak, anak basket dan tinggi, orangnya sangat asik dan gampang diajak temenan. Sekelas sama dia dari kelas X. Gw hapal betul sifatnya. Meskupun cw, tapi gw ngak ngetreetment dia sebagai cw, obrolan tabu sering gw omongin sama dia, dari mulai obrolan relijius sampai obrolan dewasa.

N’ur (Mamah Dedeh). Gw lupa nama panjangnya siapa, dia itu orangnya asik, paling asik kalo diajak curhat. Katanya dia bisa ngeramal. Menurut isu yang beredar saat itu, ketua IIB adalah beliau.

Zakiah Fitriani. Dia sebenernya bukan kelas IPA-4 (IPA-1). Gw sekelas sama dia pas kelas X, temen deketnya adalah rival gw pas kelas X. Bisa dibilang, dia adalah cw paling alim dan juga paling cantik se SMA. Sempet nyesel juga gw gak bareng sekelas terus. Gw inget dia karena memang gw suka dan orangnya benran feminim banget. Dia juga asik diajak ngomong, tapi pas ngomongin agama gw suka gak bisa nanggepin dia.

Is Jubaedah (Jube). Dia adalah orang paling unik di IPA-4 dan rival terdekat gw selama kelas 11 dan 12, ranking gw selalu saling tukar sama dia, tapi di 3 dan 4. Dia orangnya polos banget dan paling banyak di susahin sama siapa aja. Di IPA-4 dia juga yang paling dihormatin. Gw inget banget sampai saat ini, kalo dia adalah satu-satunya orang di IPA-4 yang alat tulisnya lengkep banget, bahkan dia berinama setiap alat tulisnya. Gw lupa namanya, alat tulisnya adalah penghapus karet pensil hitam, gw bikin nangis dia karena gw ngehilangin penghapusnya itu.

Azki Ibnu M (KM). Dia adalah KM IPA-4 selama dua periode, IPA-4 bisa berdiri kokoh karena kepemimpinan beliau. Selain Irsyad, dia adalah orang kedua yang paling ustad di IPA-4. Gw paling inget dia karena tulisannya. Oh man!, tulisannya kayak orang tua tahun 80’an.

Tedi Hermawan (nTod). Dia sekelas pas kelas X. Dia adalah teman kriminal gw. Gw inget banget dia selain teman kriminal adalah temen yang ngenalin gw terhadap hentai juga. Gw tau hentai pertama kali dari dia, manga online naruto dari dia, sampai cerita dan video bokep dari dia juga. Dia orangnya asik, tapi agak susah diajak ngomong saintifik.

**

Sebenernya gw masih pengen banget nulis, gw pengen nulis soal orang2 dia genk IIB, IIN, dan genk Minyak. Tentang nama2 yang temen2 gw yang tertukar, yang harusnya mutlak nama cw jadi nama cw. Soal pengalaman2 seru bareng. Cerita sedihnya dan cerita seru. Tapi itu dia, mata gw udah gak tahan, udah ngantuk.

2 Replies to “Remember When… Selembar Catatan SMA”

  1. uyyy,, kangen detected wkwkwk

    Reply

    1. elis

      Anak ajaib setengah robot, kelakuannya sedikit gesrek, tetapi nggak ngelanggar norma. Bisa dibilang doi itu kamus berjalannya IPA-4. Yup, Anak ajaib ini termasuk salah satu dari 3 anak paling kaku di IF-4.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.